Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Selasa, 12 Oktober 2010

Kamar Vibrator Pasar Seni ITB, Simulasi Gempa Sederhana yang Dipadu Keceriaan

Kamar Vibrator, para pembaca mungkin sedikit tergelitik karena nama salah satu wahana di Pasar Seni ITB yang diselenggarakan pada 10 Oktober 2010 ini begitu unik dan terkesan 'nyentrik'. Namun jangan salah kira, Kamar Vibrator ini merupakan salah satu inovasi simulasi gempa sederhana yang dirancang atas kerjasama antara panitia Pasar Seni ITB, mahasiswa FSRD, dan mahasiswa Teknik Mesin ITB. Hanya dengan membayar tiket masuk wahana sebesar Rp 5000, 00, pengunjung sudah dapat menikmati desain wahana yang sangat menarik san surprise dari vibrator yang memunculkan getaran serupa getaran gempa. Secara umum, ruangan pada Kamar Vibrator terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama pengunjung disuguhkan dekorasi bergaya victoria, di bagian kedua diletakkan alat vibrator yang menghasilkan getaran layaknya getaran gempa,dan di bagian ketiga dibuat menyerupai lorong-lorong kecil yang dihiasi dengan lampu-lampu dan karya mahasiswa.

Diaz Adi, mahasiswa Desain Produk ITB sekaligus panitia Pasar Seni ITB, mengatakan, "Konsep kamar vibrator sebenarnya adalah membuat simulasi gempa yang biasanya penuh dengan evakuasi-evakuasi menjadi menyenangkan. Mungkin kesannya bersenang-senang dalam musibah, tapi tujuan utamanya adalah melatih kepekaan dan memberikan pengetahuan pada pengunjung mengenai gempa meskipun getaran yang dihasilkan bukan getaran gempa yang sebenarnya namun dengan kemasan yang lebih segar dan menyenangkan."

Mengenai desain keseluruhan Kamar Vibrator yang menarik, para perancang Kamar Vibrator sengaja membuat konsep yang berbeda pada tiap bagiannya untuk menghibur dan meningkatkan animo pengunjung tehadap wahana Kamar Vibrator. "Karena inti dari wahana ini adalah kepekaan yang dibangun dengan keceriaan", tambah Diaz.

Mekanisme vibrator pada wahana Kamar Vibrator ini merupakan rancangan dari mahasiswa Teknik Mesin ITB,
Surya, " Secara keseluruhan gertaran yang dihasilkan berasal dari motor kekuatan 400watt dengan putaran tinggi. Kemudian putaran kami reduksi."
Saat poros berpurtar, alat yang dibuat khusus untuk pasar seni dengan kapasitas 10 orang naik bergerak searah dan menghasilkan suatu getaran.

Sejak wahana ini dibuka, antrian padat dan terus menerus memanjang hingga wahana ini ditutup. "Lucu aja, pas berdiri getarannya bikin mau jatuh gitu", ujar Putri, pengunjung dari SMAN 11 Bandung ketika ditanyai mengenai rasanya setelah keluar dari Kamar Vibrator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar