Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Jumat, 15 Juni 2012

Shock Therapy

Pembimbing saya memang hobi banget kasih kejutan..

Sore ini saya BBM beliau minta ketemu untuk nunjukkin hasil purifikasi protein yang saya kerjain. Well, hasilnya not bad sih buat kerjaan anak yang nggak tau apa-apa tentang purifikasi protein dan baru ngelakuin purifikasi protein satu kali (dengan skill seadanya). Tapi tetep aja, saya nggak puas. Band-nya terlalu tipis dan nggak benar-benar bersih. Jujur, saya ngerasa kesulitan.

Saya pun ketemu pembimbing saya di ruangannya. Setelah liat hasilnya, beliau tanya ini-itu, memastikan prosedur saya bener. Buffer-buffer udah bener sih, cuma konsentrasi imidazolenya mungkin yang harus dinaikin. Terakhir, beliau bilang saya lebih baik konsultasi sama kolaborator beliau yang orang biokimia.

Malamnya, beliau BBM saya, beliau minta saya buat janji untuk hari senin sama kolaborator beliau, Ibu Iis, dari biokimia. Diskusi supaya gimana caranya hasil purifikasi protein saya bagus.

Tapi kejutannya bukan disitu. Beliau kemudian bilang agar saya segera nulis (skripsi, maksudnya) karena sidang (untuk saya, anak bimbing beliau) akan dimajukan jadi bulan agustus, berbarengan dengan anak-anak bimbing Ibu Marsel. Ya, denger berita itu saya maklum, pembimbing saya dan Ibu Marsel memang akan post doc ke USA akhir bulan September.

Saya memang udah ngira akan didulukan untuk jadwal sidang. Tapi, Agustus? Wow, cepat sekali (mengingat jadwal regulernya pertengahan September).

Ibu Erna bilang "Ayo Dys, semangaaat!!! Habis dapet purif yang bagus terus stop kerjaan lab kamu. Okee..."

Kemudian beliau bilang lagi "Ayo Dys, harus bisa. Kalau aja jadwal Bio sama dengan Mikro mungkin kamu bisa lulus bareng Gladys dan Gina (Juli, maksudnya). Sayangnya jadwalnya beda ya Dys.."

Wow..

Jujur saya takut. Saya takut ngecewain pembimbing, takut hasil yang saya kasih jauh dari ekspektasi beliau.

Saya orangnya males. Dan dari dulu saya paling susah kerja lab sambil nulis skripsi. Saya lebih suka baca manual lab untuk belajar hal-hal baru, daripada baca jurnal Mtb dan TCS. Alhasil saya keteteran.

Dan saya ngitung waktu, dua bulan menuju sidang (kalau rencana itu bener-bener terjadi), satu setengah bulan menuju seminar, dan...satu bulan menuju draft skripsi.

Saya pusing (dan makin dipikirin makin pusing)

Sebenernya mungkin aneh ya? Saya setakut ini, sekhawatir ini, secemas ini menghadapi bulan-bulan terakhir jadi mahasiswa. Ya tapi inilah saya...

Ibu saya bilang, "Pembimbing kamu aja percaya sama kamu. Kenapa kamu nggak percaya sama diri kamu sendiri? Kamu nggak boleh takut menghadapi diri kamu sendiri."

Belum terlambat kan?
Saya nggak mau ngecewain orang-orang yang sudah percaya dan ngasih kesempatan buat saya, yang sayang sama saya, yang selama ini support saya...

Gelar sarjana ini nanti buat siapa? Tentu buat mereka...

Oke, saya coba. Saya harus bisa.
Meski mungkin akan banyak pengorbanan ke depannya untuk mencapai apa yang memang saya inginkan ini... 

Pengisian amunisi untuk perang dimulai.
Mohon doanya!
Bismillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar