Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Minggu, 06 Januari 2013

Resolusi 2013 : Tangga-tangga Menuju Mimpimu!



Happy New Year For Us!

Wah, hampir nggak kerasa ya, sekarang udah tahun 2013 aja. Perasaan baru kemarin kita tahun baruan menyambut tahun 2012, hehe. Tapi saya yakin, selama satu tahun ke belakang pasti banyak banget hal-hal yang berkesan buat kita. Iya kan?

Nah, di tahun 2013 ini kita pasti punya mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan dong? Bagaimana dengan resolusi kita di tahun 2013 ini? Sudah mantap? Punya resolusi setiap tahunnya memang bukan suatu kewajiban. Tapi, resolusi ini banyak sisi positifnya lho buat kita. Dengan memiliki resolusi setiap tahunnya, kita jadi punya tujuan pencapaian dan target yang jelas selama satu tahun ke depan. Selain itu, apa yang ingin kita raih juga jadi tebih tergambar. Adanya resolusi juga membuat kita jadi pribadi yang lebih baik dan lebih semangat mengejar mimpi-mimpi kita.

Kali ini saya mau berbagi tips dan trik dalam menyusun dan mewujudkan resolusi kita. Simak yuk!

1.   Evaluasi resolusi dan pencapaianmu di tahun sebelumnya

Bagaimana resolusi kita di tahun 2012? Apakah semuanya dapat tercapai? Atau masih ada ‘PR’ dari tahun lalu yang ingin diwujudkan tahun ini?
Sebelum memantapkan resolusi setahun ke depan, ada baiknya kita mengevaluasi resolusi yang telah kita jalankan tahun kemarin, dengan begitu kita bisa melihat sejauh mana pencapaian resolusi tahun lalu. Coba tuliskan apa saja target yang berhasil kita penuhi, dan  mana yang hingga saat ini belum tercapai. Dari situ, kita bisa mencari tahu kekurangan dan penyebab tidak tercapainya resolusi kita sekaligus mengatur strategi agar resolusi tahun ini lebih mantap. Semua kita pertimbangkan sesuai dengan kemampuan pribadi.

2.   List impianmu satu tahun ke depan

Apa saja impian kita yang ingin di wujudkan tahun ini? Sebut saja misalnya : ikut les bahasa, punya gadget baru, pergi wisata ke Bunaken, punya pacar, ingin lebih sabar, dll. Nah, coba list di sebuah kertas apa saja yang kita ingin wujudkan tahun ini. Cukup tuliskan saja dulu dan jangan dulu pikirkan mungkinkah terlaksana atau tidak. Pada step ini kita lebih dulu mengeksplorasi semua impian yang ada di dalam pikiran.

3.   Be realistic, Jadikan resolusimu jelas dan terarah

Nah, sekarang setelah kita sudah membuat list resolusi, coba lihat, ada berapa target yang benar-benar kita inginkan? Lihat kembali target-target tersebut apakah cukup realistis untuk diwujudkan? Memang baik menargetkan sesuatu yang menantang, namun sebaiknya kita lebih realistis dalam menjalankannya. Misalnya kita diberi uang saku dari orang tua 30 ribu perhari, maka kurang realistis kalau kita punya resolusi untuk menabung 20 ribu setiap harinya, maka lebih baik resolusinya diubah menjadi menabung 30-50 ribu per minggu.
Jadikan setiap resolusimu lebih spesifik dan terarah. Resolusi adalah target pribadi, jadi jangan susun resolusimu karena sekedar ikut-ikutan tanpa memiliki landasan yang kuat. Resolusi yang dibuat atas keinginan diri sendiri tentunya akan mampu menggerakkan dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diwujudkan.
4.   Tuliskan resolusimu

Nah, sekarang kita udah punya resolusi yang siap dijalankan nih. Jangan lupa tuliskan resolusi tersebut supaya memudahkan kita senantiasa teringat untuk menjalankannya. Agar mudah dibaca, Kita bisa menempelkannya di post-it di meja belajar, menuliskannya di notes gadget, atau menuliskannya di blog pribadi sebagai reminder. 

5.   Susun langka-langkah mewujudkan resolusimu

Punya resolusi berarti harus punya cara juga untuk mewujudkannya dong Kita. Misalnya, Kita punya resolusi untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri tahun ini berarti langkah yang harus disusun kurang lebih antara lain : planning tempat jalan-jalan, nabung, hunting tiket, siapkan waktu dan pergi :D
6.   Cari teman seperjuangan

Punya ‘teman seperjuangan’ bisa membuat kamu lebih semangat dalam mewujudkan resolusi. Kita punya resolusi jadi ngurangin berat badan tahun ini, maka carilah teman seperjuangan yang punya resolusi sama. Teman seperjuangan ini bisa diajak sama-sama olah raga, ngingetin kalau kita makan nggak kontrol dll. Hehe, yoiii!!

7.   Evaluasi resolusimu secara berkala

Kita perlu ingat bahwa resolusi adalah komitmen yang kamu buat dan jalankan pada satu tahun ke depan. Jadi penting juga lho resolusi ini dievaluasi supaya kita konsisten dalam menjalankannya. Sediakanlah waktu bisa pebulan, per tiga bulan, perempat bulan, atau perenam bulan untuk mengevaluasi resolusi kamu. Dengan begitu kamu bisa tahu sejauh mana resolusimu kamu jalankan, mana yang sudah terwujud, mana yang belum, dan bisa terus menjaga semangat hingga tahun selanjutnya datang.
Yang pasti dalam menyusun dan mewujudkan resolusi kita harus yakin pada kemampuan diri sendiri bahwa kita bisa. Jangan lupa senantiasa berdoa dan berusaha demi mewujudkan impian kita setahun kedepan ya. Nah tunggu apa lagi? Yuk kita, mulai menyusun dan mewujudkan resolusi kita untuk satu tahun ke depan! | Dyshelly


*Will be published soon @ Halo Ganesha 6th Ed (with revision)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar