Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Kamis, 18 November 2010

Kantin di Lingkungan ITB sebagai Fasilitas Kegiatan Mahasiswa

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik bangsa, ITB selalu berusaha memberikan fasilitas-fasilitas terbaik bagi para civitas akademika terutama mahasiswa. Selain gedung-gedung kuliah yang terawat dengan baik, tersedia pula fasilitas-fasilitas seperti  perpustakaan, lapangan parkir, laboratorium, sarana peribadatan, campus centre, ruang unit kegiatan mahasiswa (UKM), ruang himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) dan kantin-kantin di seluruh penjuru ITB.

Kantin, menjadi salah satu fasilitas penting bagi para  mahasiswa ITB. Selain menjadi tempat beristirahat untuk mengisi perut yang kelaparan setelah kuliah, kantin pun menjadi tempat berkegiatan mahasiswa seperti rapat dan acara himpunan, mengerjakan tugas, bahkan untuk duduk-duduk sekedar mengisi waktu kosong diantara jadwal kuliah. 

ITB memiliki beberapa kantin yang terletak di berbagai sudut lingkungan kampus. Di kampus bagian barat  terdapat Kantin GKU Barat, Kantin Borjue, Kantin Labtek Biru, Kantin Barat Laut, dan Kantin SBM. Sementara di kampus bagian timur terdapat Kantin Arsi, Kantin Barak, Kantin Comlabs, dan Kantin Bengkok. Kantin-kantin ini memiliki menu yang beragam dengan harga yang terjangkau. Tak heran baik mahasiswa, karyawan maupun dosen sering terlihat di beberapa kantin tersebut terutama pada waktu makan siang.

Kantin Barat Laut : Fasilitas yang Memadai Untuk Kegiatan UKM dan HMJ
Kantin Barat Laut (disingkat KBL – red) yang terletak di belakang SBM (Sekolah Bisnis dan Managemen – red) ini selalu ramai. Di waktu makan siang bangku-bangku yang tersedia selalu penuh terisi oleh mahasiswa maupun karyawan. Selain menu pesanan, menu yang disajikan prasmanan membuat pengunjung nyaman mengambil porsi makanan sesuai kebutuhan. Di sore hari meskipun kebanyakan menu sudah habis, sering terlihat beberapa mahasiswa duduk berkelompok untuk sekedar mengobrol, atau mengerjakan tugas. “Senang saja main di KBL sore-sore, bisa sambil dengerin siaran Radio Kampus (salah satu UKM di itb – red) juga. Soalnya Radio Kampus suka puter lagu-lagu yang enak. Lumayan bisa istirahat di sini setelah kuliah.”, ujar Anggi, mahasiswi SITH ITB yang juga diamini oleh beberapa temannya.
Selain menjadi tempat nongkrong di sore hari, tak jarang KBL pun digunakan mahasiswa untuk kegiatan UKM maupun HMJ seperti malam keakraban, rapat, atau syukuran wisuda. Dimas, mahasiwa Teknik Penerbangan angkatan 2008 sekaligus panitia pemilu Keluarga Mahasiswa teknik penerbangan (KMPN), mengutarakan bahwa himpunan mereka memilih KBL sebagai tempat hearing calon ketua KMPN karena suasananya kondusif, tempatnya luas, serta tersedia listrik untuk sound system dan infocus.

Kantin Labtek Biru : Yoghurt dan Kebab sebagai Daya Tarik
Sesuai dengan namanya, kantin ini terletak diselasar  Labtek X yang dikenal sebagai Labtek Biru. Meskipun bangunannya lebih kecil daripada kantin ITB lainnya, kantin ini tidak dapat dianggap remeh. Menunya memang tidak sebanyak menu di KBL maupun kantin rekanannya yaitu Kantin Borjue dan Kantin GKU Barat, namun menurut Valdivia dan Rinda, keduanya mahasiswi Biologi angkatan 2008, menu di Kantin Kebab ini,  yaitu kebab dan yoghurt, tidak ada di kantin yang lain. Selain menu khas, selasar Labtek Biru yang luas, sejuk dan nyaman menjadi daya tarik kantin ini. Kantin ini selalu ramai oleh mahasiswa pada waktu makan siang hingga sore hari. “Kantin Kebab paling mudah dijangkau, selain itu selasarnya enak digunakan untuk kumpul-kumpul dan  mengerjakan tugas”  Ujar Rinda.

Kantin Comlabs : Solusi Menerjakan Tugas Tanpa Harus Kelaparan
Mungkin masih banyak mahasiswa yang belum tahu mengenai keberadaan kantin ini. Memang letak kantin ini cukup tersembunyi, yaitu di samping mushala Comlabs. Meskipun tergolong baru, kantin ini tidak kalah dengan kantin-kantin lainnya. Selain menu yang disajikan beragam dan menggugah selera, layanan yang memuaskan menjadikan kantin ini ramai pesanan terutama dari mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas di area Hotspot Comlabs. Adinda, mahasiswi Teknik Geologi angkatan 2008, mengutarakan bahwa dirinya tidak perlu lagi mengkhawatirkan urusan perut jika harus mengerjakan tugas di Comlabs. “Saya orangya suka sekali mengerjakan tugas di Comlabs. Dulu sebelum ada kantin, kalau lapar harus membereskan tugas dulu, baru cari makan. Sekarang tidak repot karena makanan kantin Comlabs diantar ke tempat kita”, ujarnya.

Beberapa kantin diatas merupakan contoh untuk menunjukkan bahwa Kantin di ITB sudah menjadi bagian dari kehidupan kampus terutama bagi mahasiswa. Fungsi kantin bukan lagi sekedar tempat mengisi perut yang kelaparan melainkan sudah merambah menjadi tempat berkegiatan positif. Semoga kedepannya fasilitas kantin-kantin di ITB semakin terjaga agar kreativitas dan kegiatan positif di kampus ini pun tak pernah berkurang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar