Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Minggu, 06 Februari 2011

Why Plastic? - -"


Hari minggu ini aku sama ibu pergi ke pasar kaget mingguan di lapangan tegalega. Niatnya sih cuma mau buat liat-liat terus beli kerudung paris. Tapi kegiatan diteruskan dengan mencari-cari buah dan makanan enak.  Setelah puter-puter, limayan dapet lele balado, pepaya California, jambu biji, ketan kacang merah, sama oseng cumi. Yummm…

Aku nulis ini bukan berarti mau nulis post tentang kuliner.  Mau nulis pengalaman aja, pengalaman kurang menyenangkan yang terjadi pas beli salah satu makan diatas yg udah aku sebutin. Ayah aku suka banget cumi, terus kebetulan pas mau pulang nemu tempat juallauk gitu, macem2 terus ada oseng cuminya. Akhirnya ibu aku beli deh, ngga banyak cuma seporsi, soalnya cuma buat ayah aja.

Abangnya ada dua orang, yang satu melayani pelanggan, yang satu lagi ngerokok.  Setelah ngebungkusin ke plastik bening, abangnya ngambil plastik item buat bungkus..
Ibu : ngga usah a’, nggak usah pake plastik
Abang A : oh, iya Bu. Nuhun. –sambil nerima uang bayaran-
Abang B : aneh masa di kasih plastik ngga mau
Aku : makasih a’, ini udah ada tas belanja sendiri
Abang B : ngehemat ya neng? Ah neng, ngehemat plastik aja dipikirin

Aku cukup bengong sama omongan abang B yang lagi ngerokok itu. Kok bisa-bisanya dia ngomong gitu? Pengen bales omongin lagi sih, tapi langsung di tarik ibu menjauh dari tukang jualan itu. Kata ibu biarin aja, mungkin abangnya nggak ngerti sama yang namanya ngehemat plastik. 

Sejak dari lama banget ibu ngajarin aku untuk ngehemat plastik, tujuan utamanya biar di rumah ga banyak plastik, terus plastik itu sulit terurai –mesipun sekarang udh ada biodegradable plastic tapi yg di kaki lima kan tetep plastik dari polimer sintetik, setau saya- Makanya, kata ibu, dengn mengurangi pemakaian plastik terutama saat belanja, kita juga udah mengurangi beban bumi untuk menguraikan plastik yg lamanya puluhan taun itu. Meski cuma sedikit, daripada ngga sama sekali.

Jadi kalau belanja biasanya aku sama ibu bawa plastik dari rumah, kalau sekarang bawanya tas belanja, diual di toko-toko, yg bisa dilipet-lipet jadi kecil terus ada resletingnya itu loh. Enak kan bisa dipake berkali-kali terus ukurannya cukup gede buat masuk segala macem. Nah pas aku sama ibu ketemu abang A dan B juga lagi bawa tas belanja macem begini.

Apa salahnya ngga minta plastik? Apa salahnya ngehemat plastik?
Emang pedagang bakal tersinggung ya kalau kita nolak plastik dari mereka?

Yeah, cukup tersinggung dan kaget aja sih sama omongan abang B, memang mungkin plastik itu hal yag sepele, tapi kalau sama hal sepele aja kita nggak peduli, gimana mau peduli sama hal-hal yang besar? Hali ini mungkin kita cuma hemat satu lembar plastik, di akhir bulan ngehemat satu pak plasti, di akhir tahun? Itu baru kalau cuma satu keluarga yang ngelakuin.

Aksi yang besar dimulai dari yang kecil.
Manfaat yang luar biasa diawali dari yang sederhana
Mulailah dari diri sendiri, mulailah dari yang paling kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar