Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Sabtu, 26 Maret 2011

Mimpi Itu Membuat Semakin Kuat Atau Lemah?

Semua orang pasti tau mimpi kan? Pernah merasakan mimpi?
Sering merasa mimpi indah atau mimpi buruk?


Tiba-tiba kepikiran untuk menulis tentang mimpi, gara-gara baru aja terbangun dari mimpi beberapa jam lalu dan merasa senang gara-gara mimpi tersebut. Masalahnya di mimpi itu aku mendapatkan apa yang selama ini diinginkan bahkan melebihi ekspektasi selama ini, hehe...


Tapi tiba-tiba kepikiraan, mimpi itu sebenernya baik nggak sih? Atau jangan-jangan mimpi hanya membuat kita semakin lemah? Pemikiran ini bukan didasari tanpa alasan, aku hanya mengambil beberapa pemisalan. Misalnya, seseorang yang sedang jatuh cinta bermimpi mendapatkan pasangannya, bahkan dikejar2 orang yang disukainya, padahal di dunia nyata, orang yang disukainya malah sama sekali nggak tahu perasaan dia. Atau seseorang yang gelisah akan ujian bermimpi dapet nilai ujian jelek, mimpi itu berubah jadi sugesti sehingga pagi hari saat ujian dia tidak bisa berkonsentrasi dan beneran dapet nilai jelek.


"Aku takut mimpi membawaku terjatuh semakin jauh ke dalam...." 


"Aku ingin tidur dan mimpi selamanya, karena hanya di dalam mimpi aku dapatkan yang aku inginkan..."


Apakah kata-kata itu menunjukkan seorang menjadi lemah karena mimpi?


Aku masih sering berpikir dari mana datangnya mimpi? Nampak harus nanya bu lulu yang orang neurobiologi. Karena jujur, saat bangun dari mimpi terutama yang disebut mimpi indah, yang aku lakukan adalah senyum-senyum sendiri, wondering-wondering nggak penting, jadi berharap lagi, merasa dapet kekuatan lagi, padahal jelas-jelas kok hal di dalam mimpi itu susah diwujudkan di dunia nyata ya? Apalagi mimpi buruk, bagaimanapun itu membuatku takut. Mimpi, membuatku senang sekaligus takut, kuat sekaligus lemah.


Setelah aku baca beberapa artikel, misalnya dari forumsains, atau buku ibu tentang Kekuatan Mimpi, mimpi muncul dalam keadaan tak sadar, saat pikiran berada di luar kendali akal sehat. Kesadaran kita yang hilang membuat mimpi berjalan tanpa kontrol, entah dimana awal dan akhirnya, tidak akan ada keinginan bergerak secara sadar maupun rasionalitas saat bermimpi.


Apakah mimpi itu dunia kita yang lain?


Mimpi merupakan daya imajinasi otak secara tak sadar yang diatur oleh otak kanan sehingga dalam mimpi bisa saja terjadi hal wajar yang pernah dilakukan sehari-hari sampai hal tak wajar sekalipun (btw, aku pernah mimpi adikku berubah jadi jagung. haha). Mimpi dapat terjadi berulang-ulang, meskipun kita tidak akan mengingat awal dan akhir mimpi, kita masih bisa mengingat beberapa bagiannya, artinya alam sadar kita masih berhubungan dengan alam bawah sadar kita.


Jika kalian terbangun setelah larut dalam mimpi, bersyukurlah karena artinya otak kanan kalian masih berfungsi dengan baik...


Tapi, tetaplah ingat bahwa otak kanan bisa terpengaruh otak kiri yang mudah stress, dan berbalik memunculkan mimpi buruk..


Seseorang pernah berkata padaku bahwa mimpi menjadi petunjuk seberapa banyak pengaru alam sadar terhadap alam bawah sadar kita. Misalnya selama seharian penuh aku memikirkan ujian Evolusi besok, kemungkinan mimpi yang keluar adalah mimpi soal ujian, mimpi nilai ujian, mimpi lagi ujian, atau mimpi kediangan terus ngga bisa ujian. Mimpi juga berpengaruh pada metabolisme dan 'rasa' pada tubuh. Mimpi buruk bisa membuat orang marah-marah, sakit, lelah, capek, lemas, ketakutan, kurang tidur, bahkan fobia. Sementara mimpi indah lebih membuat metabolisme teratur, misalnya jika kita bermimpi berpacaran dengan orang yang kita "cintai", pada saat bangun kita akan merasa "lebih nyaman " dan pikiran lebih tenang".


Jadi mimpi itu membuat kita semakin kuat atau lemah?
Jawabannya kita sendiri yang menentukan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar