Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Selasa, 25 Desember 2012

7 Cara Bahagia Hadapi Rasa Sedih (2)



anggap saja saya sedang membayar hutang, hutang cerita yang belum selesai...

Lanjut ke bagian 2 dari 7 Cara Bahagia Hadapi Rasa Sedih, ada 4 poin yang belum saya sampaikan di tulisan sebelumnya, makanya saya bikin tulisan lanjutannya. Semoga kuat bacanya, terpahami jalan pikir penulisnya, dan jangan diketawain :p

4.      Refleksi, introspeksi diri

Sedih itu kan penyebabnya banyak. Oleh karena itu menurut saya solusi untuk mengatasi rasa sedih itu juga banyak. Salah satunya adalah dengan bercermin (literally nengok ke cermin, haha.), maksudnya merefleksi diri, siapa tau penyebab sedih yang kita rasa itu ya emang dari diri kita sendiri. Misalnya saya sedih soalnya ada mata kuliah yang ngulang, eh ternyata penyebab utama ngulang itu karena nilai ujian saya jelek. Kenapa nilai saya jelek? Saya orangnya suka main, belajar ujian sistem kebut semalam, di kelas ngantuk, nggak merhatiin. Pantesan saya nggak lulus!

Sejatinya, untuk jadi orang yang lebih baik di esok hari, kata ibu saya (juga kata orang-orang), memang perlu ada introspeksi diri dan refleksi. Selama ini kita jadi orang seperti apa? Sikap kita, cara berpikir kita, cara kita menghadapi masalah seperti apa? Nah, berdasarkan pengalaman, saya suka sedih kalau ketemu masalah yang saya anggap berat, atau sesuatu yang bikin perasaan saya nggak enak. Nah ternyata, setelah dipikir-pikir saya ini terlalu sensitif dan perasa dalam memandang suatu keadaan/masalah. Mungkin sebenernya nggak seberat itu kalau ditanggepinnya lebih nyantai, tapi karena kadang pikiran saya “too much” jadilah apa yang saya hadapin seringkali bikin saya kepikiran terus, bahkan bikin saya sedih.

5.      Dekatkan diri pada Tuhan, bersyukur

Sedih nggak bisa beli barang yang dipengenin (misal sepatu yang ditaksir di toko, harganya mahal, terus tiba2 ilang dari etalase, udah dibeli orang)? Di luar sana banyak lho orang yang boro-boro mikirin barang yang diinginkan, mereka fokus nyari cara makan selanjutnya gimana, ada uangnya nggak.

Sedih nggak punya pacar? Heloo, kamu masih punya ayah, ibu, sodara, temen yang justru bakal selalu ada terus buat kamu.

Sedih Kalkulus cuma dapet AB? Temen kamu ada yang ngulang loh!

Kadang kita sedih karena nggak bisa dapet apa yang kita inginkan, sering banget malah kayaknya. Sebenernya supaya nggak sedih, yang harus kita lakuin itu cukup berusaha untuk selalu bersyukur dan dekat dengan Tuhan.

Kalau ada masalah yang bikin kita bingung, kejadian yang bikin kita sedih, atau kadang kita ngerasa diri kita sendiri ini menyedihkan (nah loh!) , tempat bernaung paling aman dan tempat cerita paling bikin tenang itu kayaknya emang cuma Allah SWT deh, iya kan? Bisa dengan berdoa, ‘ngobrol’, baca Al-Quran, shalat. Kadang manusia itu suka lupa kalau satu-satunya yang jadi tempat terbaik dia adalah Tuhannya. La Tahzan : )

6.      Give your best, jangan menyerah

Sedih karena gagal suatu ujian, ngerjain suatu tugas, nggak berhasih mencapai target di kantor, bukan jadi alasan untuk berhenti usaha. Kita boleh gagal, kita boleh jatuh, setelah itu kita boleh sedih. Tapiiii...sedih lama-lama itu nggak baik kan, segala yang berlebihan juga nggak baik. Yuk, kita sama-sama bangun terus usaha lagi, belajar lagi, kerja lagi, jalanin hidup kita lagi lebih baik dari kemarin. Kasih yang terbaik dari diri kita, nggak boleh nyerah karena ini kan buat diri kita sendiri, untuk kebaikan diri kita sendiri. Ho-ha! Semangat!

Tuhan nggak akan lupa sama hambaNya yang selalu berusaha dan bekerja keras, karena pada dasarnya kan Tuhan sayang sama semua hambaNya. Harus yakin ada saatnya keringat dan air mata kita dibayar mahal pake nikmat dari Allah SWT : )

 7.      Be positive, have a big heart ^^

Big girls don’t cry, Dear : ). Kita tahu kalau sugesti negatif itu malah bakal memperburuk diri kita. Kalau lagi sedih, susah banget mikir jernih. Segala sesuatu malah cenderung jadi didramatisir padahal nggak seberat apa yang dipikirin. Nggak boleh yaaa mikir negatif apalagi tentang diri kita sendiri, nanti malah jadi pusing. Positive thinking pada orang lain, pada diri sendiri, insya Allah bikin kita lebih berkapasitas. Have a big heart, Dear. Yang berbesar hati dan lapang akan lebih tenang. Ayo, kita ini orang hebat yang kuat dan tangguh. Kita ini manusia berhati lapang yang bijak dan tenang (turut menyemangati diri sendiri).

Yah begitulah poin-poin self-healing yang menurut saya bisa banget dilakukan. Susah banget sih emang udah saya coba beberapa. Kadang beneran berhasil bikin nggak sedih lagi, tapi kalau lagi kacau banget dan ngga konsisten sama poin-poin di atas suka keinget-inget lagi hal yang bikin sedihnya. Hehehe. Berarti perlu konsisten juga kan ya?!?! Kalo udah konsisten mudah kok, insya Allah bisa bikin kita jadi orang yang lebih sabar, lebih ikhlas, lebih nggak sedih (hehe). Hmm..kalau ada yang baca ini, mudah-mudahan bermanfaat ya, kalau ada yang agak keliru tolong dikoreksi saja. Hehe. Intinya saya ingin berbagi sih. Itung-itung usaha bikin amalan bermanfaat bagi orang lain boleh dong :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar