Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Sabtu, 15 Januari 2011

Buanglah Sampah ke...

Tanggal 4 Januari kemaren adalah pertama kalinya aku naik  kapal laut (ferry). Sebelumnya ngga pernah pake kapal laut. Aku naik kapal laut dari Ketapang ke Gilimanuk, ini bukan mau liburan loh ya, melainkan ada fieldtrip akuakultur ke Bali selama 4 hari -tapi ada liburannya juga sih, hehehe-.

Pertama masuk ke Ketapang, keren, hahaha, ada banyak kapal yangsiap mengangkut penumpang. Akhirnya rombongan kami naik ke sebuah kapal tepat 3 menit sebelum berangkat, di dalem kapal udah banyak orang.

Pas masuk kapal, kayak ada sesuatu yg menggelitik perasaan aku, haha, lucu aja gitu liat bagian dalemnya kapal, tempat duduknya cem tempat duduk ruang tunggu di rumah sakit, terus kanan-kiri ada TV yang muter video dangdut antah berantah, toilet setiap sisi, warung, dan di lantai atas ada dek terbuka buat para alay main titanic-titanic-an. Hoho, seem so funny.

Tapi sebenernya aku bukan mau cerita tentang enaknya naik kapal, melainkan kejadian ngga enak pas naik kapal ini -___-". Jadi ceritanya, waktu itu aku haus, terus beli fruit tea di warung yg ada di kapal, ngerasa males balik ke tempat duduk , aku diem di depan jendela terbuka -bawahnya langsung laut men!- terus disitu ada kak ivanna.

aku : Ngga terlalu dingin ya kak, eh gila lah itu bawah langsung laut.
KI : Hehe, dulu, waktu aku kecil suka ada lumba-lumba loh disini, selama nyebrang lumba-lumbanya berenang terus lompat. Sekarang udah nggak ada, nggak tau kenapa.
aku : Wah enak, aku masa liat lumba2 di gelanggang samudera terus cuma dari pertunjukkan lumba-lumba keliling, yang kalo mau foto bayar 20rb.

Sampai sini pembicaraan aku berhenti, ada ibu-ibu dengan dandanan nyentrik nyamperin sambil bawa popmie. Aku pikir beliau mau nimbrung mantengin jendela, taunyaa...

ibu : Ini mie ternyata nggak enak ya, mau dibuang aja

Aku mikir, lah siapa yang nanya? Tapi ngeliat ibu itu mau buang mie, kok malah nyamperin aku -emangnya aku tong sampah- toh tempat sampah yang sebenarnya cuma berjarak kira2 2 meter dari tempat kami berdiri.

aku : Oh, ibu mau buang mienya? Di situ ada tempat sampah bu.. (sambil nunjuk tempat sampah, takutnya doi ngga ngeh ada tempat sampah terus mau nanya. si ibu pun melirik.)
ibu : Ngga usah dibuang ke situ, dibuang ke sini aja (si ibu bergerak mendekati jendela, omg! si ibu mau buang sampah ke laut masa?)
aku : Jangan bu, nggak usah ke laut, kan disana ada tempat sampah, itu popmienya kan pake styrofoam, jadi dibuang ke situ aja (berusaha ramah tapi ngalangin jendela pake badan)
ibu : Ngga usah! Udah kesini aja. (ngelempar popmie ke laut, melewati kepala aku soalnya kan jendelanya aku tutupin sama badan, omg!!)
Aku dan kak Ivanna berbengong ria.

Hawwrr!! Don't you know that styrofoam is undegradable huh? And you've threw it to the sea!!

Padahal kan di dalem kapal banyak tempat sampah, terus ada himbauan "terimakasih untuk tidak membuang sampah anda ke laut". Tau gitu kan sampah ibu itu aku buangin aja ke tempat sampah. Agak menyesal. Sigh!!

Aku balik ke tempat duduk, terus mikir, mungkin ibu itu nggak tahu ya kalau ngebuang styrofoam ke laut itu mencemari lingkungan? Atau ibu itu ngehnya styrofoam bisa terurai di air asin? Padahal kan ngga.

Please, makin banyak orang yang ngambil cara praktis kayak gitu, makin kacau tuh laut kita, makin tercemar dan itu bakal ngaruh ke makhluk hidup didalamnya -termasuk lumba-lumba, mereka nggak suka lingkungan tercemar-

Berarti bener ya, salah satu faktor kerusakan lingkungan dari berbagai sisi itu emang dari peran besar manusia, padahal kan itu merugikan buat manusia sendiri. Tanpa bermaksud nyalahin ibu itu, kebayang ngga sih, kalau ibunya aja kayak gitu, anaknya gimana? Ya masa iya mau diajarin buang sampah ke laut -atau sembarangan- juga? Kalau yang tua-tua ngga nyadar, gimana mau ngajarin yang muda? Kalau yang muda nggak belajar, gimana mau ngejaga lingkungan buat masa depan?

Dari kejadian kecil itu aja, nggak tau kenapa aku kepikiran banget. Orang-orang yang berjuang nyelamatin lingkungan mungkin jumlahnya berbanding lurus -atau lebih sedikit- sama orang yg ngerusak lingkungan, baik sengaja maupun nggak sengaja.

Yaah, mungkin sebagian dari kita emang nggak bisa bikin gerakan cinta lingkungan yang besar-besaran terus menginspirasi semua orang. Tapi seenggaknya kita bisa kan menyadarkan diri sendiri dan orang lain sedikit-sedikit buat menjaga lingkungan. Makin banyak orang berlaku begitu, semoga lingkungan kita kondisinya makin baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar