Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya suka melakukan hal-hal yang menurut saya menarik dan orang-orang sulit melakukannya :) Saya suka bercerita tentang apa yang terjadi hari ini dan mendengarkan cerita teman-teman tentang betapa rumitnya hidup :P Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang yang saya sayangi :* Sangat susah bagi saya untuk memilih, meskipun saya sudah menentukan prioritas. Seorang sanguinis- koleris yang perfeksionis namun berusaha untuk tidak terlalu idealis. Haha.

Minggu, 03 Juli 2011

Terima Kasih..


Aku sangat suka nulis. Seperti yang pernah aku bilang, aku nulis mulai dari yang isinya sampah sampai yang isinya cukup serius.

Sebenernya, saat ini aku bener-bener nggak tau ke depannya aku mau jadi apa, mau berkarir di bidang apa. Di satu sisi pengen jadi researcher/ dosen, yang berarti aku harus belajar serius banget, atau jadi praktisi/konsultan yang kerja di sebuah lembaga/perusahaan. Tapi di sisi lain sebenernya aku juga dari dulu pengen kerja di bidang jurnalistik, yag berkaitan sama nulis, motret, reporting. Menurut aku jadi penulis atau reporter itu asik aja, susah dijelasin pake kata-kata sih, yang jelas minat aku ke bidang ini kuat. Karena cita-cita yang kayaknya susah untuk direalisasikan itulah (aku kan kuliah di kampus yang nggak ada jurusan jurnalistik,) aku mati-matian nyari tempat magang reporter yang nerima mahasiswa berbagai jurusan, sayangnya nggak nemu.

Juli 2010, aku dapet informasi kalo suatu lembaga di ITB buka magang reporter online, aku langsung apply dan Alhamdulillah keterima. Sayangnya, waktu training magang selalu bentrok sama kesibukan kuliah yang saat itu lagi super padet, alhasil jujur aja meskipun aku udah usaha keras, aku tetep keteteran dari sesama maganger yang lain. Padahal aku enjoy banget sama lingkungannya. Meskipun aku udah berusaha nyusul, ngerjain tugas sebaik mungkin, usaha buat ujian semaksimal mungkin, ternyata di akhir program aku cuma berhasil ngejar sampai peringkat 6 dengan beda sekitar 1 poin dari peringkat 5, sementara maganger yang di kontrak jadi reporter selama setahun cuma sampe peringkat 5.

Waktu itu aku kecewa banget sampe sempet nggak mau nulis lagi.

Kata ‘trauma’ mungkin berlebihan ya, tapi ya kira-kira seperti itu lah. Intinya karena kejadian itu aku sempet nggak percaya diri, merasa nggak mampu. Aku ngerasa nulis memang bukan bidang aku. Terus aku sempet vakum nggak nulis apa-apa di tumblr dan blog, padahal biasanya ada aja ide. Mungkin otak aku emang lagi nggak ingin. Hehehe.

Sekitar dua bulan kemudian aku dapet e-mail dari orang BERKALA ITB, katanya kalau aku ada waktu aku boleh main ke annex lt. dasar, direktorat humas dan alumni. Sampai sana aku ngobrol-ngobrol sama orang yg namanya mas Dewa. Ternyata BERKALA ITB lagi butuh contributor tulisan, mungkin aku bisa coba.

Akhirnya aku coba..

Aku nulis lagi dan aku kirimin ke mereka, sempet bolak-balik diedit dan nunggu lama.  Sejujurnya rada kesusahan soalnya formatnya beda dengan tempat magang aku dulu, karena BERKALA ITB ini menurut aku lebih formal dan mencitrakan ITB jadi harus lebih selektif dalam memilih topic dan gaya penulisan. Terus susahnya aku sempet libur nggak nulis karena kesibukan praktikum, ujian, dan kerja praktik (di tim BERKALA ITB sepertinya tinggal aku doang yg kuliah, sisanya angkatan 2004 keatas).

Sampai akhirnya minggu kemarin aku dikontak sama mas Dewa, bilang bahwa ada titipan dari kantor buat aku. Aku sempet heran titipan apa. Akhirnya hari sabtu aku temuin dan, jujur aku agak kaget karena tulisan aku udah dimuat (cuma satu kolom sih di rubrik ‘aneka’, tapi aku cukum amazed) dan honor nulisnya udah cair. Aku kaget tapi bersyukur banget, honornya aku pake beli kado adik dan ibu aku yg lagi ulang tahun dan adik aku yang satu lagi yang baru aja jadi juara kelas.

Seketika pas liat tulisan aku dimuat di BERKALA dengan nama lengkap yang nulisnya, plus nama aku di kolom contributor, semangat aku serasa balik lagi. Aku mikir, mungkin dulu tuh aku bukannya nggak mampu, tapi aku belum beruntung aja, belum jadi kesempatan aku untuk dikontrak jadi reporter di tempat magang aku yang dulu.

Aku tau banget, aku belum selayaknya bangga, karena ini mungkin belum ada apa-apanya disbanding orang hebat di luar sana. Tapi aku ingin bilang terima kasih buat tim BERKALA ITB, yang secara langsung maupun nggak langsung udah ngebangunin aku, udah bikin aku semangat lagi. Mungkin bagi orang-orang, ini nggak seberapa atau biasa aja, tapi buat aku ini berharga banget. Aku bener-bener nggak berharap banyak kedepannya. Tapi aku bakal terus usaha biar kemampuan aku berkembang dan bisa memuaskan tim dengan tulisan-tulisan yang aku buat.

Dan aku belajar bahwa, saat kita gagal mencapai apa yang selama ini kita targetkan, bukan berarti Tuhan menggagalkan rencana dan usaha-usaha kita. Tuhan kasih rencana yang lebih baik untuk kita, Tuhan bikin usaha kita lebih maksimal dan mencapai hasil yang ternyata lebih baik dari apa yang kita rencanakan, dari apa yang kita harapkan. Meskipun mungkin kita ngerasa pahitnya lebih kerasa, dengan ujian dan gerusan-gerusan itu kita malah jadi lebih kuat.

Aku bakal kerja lebih tekun, keras dan semangat.

Mohon doanya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar